Kejar Keuntungan Ekspor, Thailand Perkenalkan Varietas Beras Lunak

Ilustrasi padi (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Rabu, 24 Juni 2020 | 21:02 WIB

SariAgri - Para petani di Thailand akan mulai menanam padi varietas KorKhor 79 secara massal pada musim tanam tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk memperkenalkan varietas beras lunak terbaru ke pasar ekspor. Terutama di pasar Asia.

Asosiasi Eksportir Beras Thailand (TREA) menjelaskan, beras varietas KorKhor 79 rencananya akan ditanam di lahan seluas 8 kilometer persegi. Daerah-daerah yang dilalui jalur irigasi tersebut diharapkan akan menghasilkan 2.500 ton beras saat panen.

Presiden TREA, Pol Lt Charoen Laothamatas, mengatakan bahwa beras jenis baru ini akan diperkenalkan ke pasar internasional, terutama di Cina, Malaysia, dan Filipina. Menurutnya, di negara-negara itu beras lunak lebih populer.

Asosiasi ini berusaha bersaing dengan ekspor beras lunak dari Vietnam, yang telah berkinerja baik di pasar Asia.

Hasil panen beras varietas KorKhor 79 akan dibeli pabrik dengan harga pasar 9.500 baht (sekitar Rp4,3 juta) per ton. Diharapkan, beras ini dapat dijual dengan harga lebih rendah dari beras Hom Mali, namun lebih tinggi dari beras putih dan beras wangi lokal.

Beras varietas KorKhor 79 dapat menghasilkan 700-800 kilogram padi per 0,16 hektar lahan. Departemen Perdagangan Luar Negeri Thailand telah membentuk komite khusus yang memiliki tugas menyusun standar kualitas untuk produksi beras varietas KorKhor 79.

Direktur Jenderal DFT, Keerati Rushchano, mengatakan, delegasi dari beberapa instansi terkait, termasuk eksportir, penggilingan padi, Departemen Penyuluhan pertanian dan Departemen Padi, telah didekati untuk membantu menetapkan standar kualitas. Tetapi, belum ada jangka waktu pasti hingga kapan standar itu akan ditetapkan dan diumumkan.

Keerati Rushchano mengatakan bahwa jaminan kualitas beras KorKhor 79 yang baru ini akan membantu meningkatkan kepercayaan di antara para pelanggan tentang beras lunak dari Thailand. Kepercayaan tersebut tentunya akan memberikan kontribusi yang baik bagi keseluruhan ekspor beras Thailand di masa depan. (Sariagri.id/Suparjo)

Video Terkait