IHSG Kamis Pagi Menguat, Perhatikan Saham Pilihan Ini

Pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia

Penulis: Yoyok, Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 2 September 2021 | 09:25 WIB

Sariagri - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (2/9), dibuka menguat 1,72 poin atau 0,03 persen ke posisi 6.092,65. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 0,65 poin atau 0,08 persen ke posisi 861,16.

Analis PT Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, mengatakan laju IHSG secara teknikal kembali menguji level support Moving Average 20-Day (MA20) dan MA5 yang mulai memasuki area jenuh beli, tercermin dari indikator Relative Strength Index (RSI) maupun Stochastic.

"Indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence) bergerak mendatar dengan tingkat fluktuasi yang cukup tinggi pada pergerakan histogram," kata Lanjar.

Sehingga, saat ini titik konfirmasi untuk pergerakan IHSG ke depannya berada di level MA50 atau pada posisi 6.071 dan MA200 (6.032) sebagai support yang kemungkinan pula akan mengalami ujian. "Kami memperkirakan, IHSG berpotensi kembali bergerak tertekan dengan support-resistance 6.032-6.129," ujar Lanjar.

Hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dicermati investor, yakni ACES, ADRO, DOID, LSIP, PTBA, dan TOWR.

Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, yang mengatakan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan melanjutkan tren pelemahan. Adapun kisaran support-resistance yang dimiliki IHSG berada di level 5.969-6.202.

"Pergerakan IHSG terlihat sedang memasuki fase konsolidasi wajar, pasca mengalami kenaikan pada perdagangan beberapa waktu sebelumnya. Selama IHSG tidak dapat dipertahankan di atas level resistance, maka peluang koreksi wajar masih terbuka lebar," papar William.

Baca Juga: IHSG Kamis Pagi Menguat, Perhatikan Saham Pilihan Ini
IHSG Anjlok 0,97 Persen, Asing Incar Saham BCA, Bukalapak, Bank Mandiri

Namun, sejauh ini investor asing masih mencatatkan aksi beli bersih. "Fluktuasi nilai tukar rupiah masih memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG . Hari ini IHSG berpotensi untuk bergerak melemah," ucap William.

Menurut dia, pergerakan IHSG yang akan melanjutkan tren menurun hari ini bisa disikapi investor dengan mengoleksi saham BBCA, ITMG, UNVR, AALI, INDF, CTRA, dan WIKA.