Hidup Sehat dengan Menanam Sayur Organik di Pot Dijamin Berhasil

Memulai hidup sehat dengan menanam bahan makanan sendiri di rumah. Kamu bisa menanam sayur di pot untuk mendapat bahan yang organik dengan kualitas yang baik.

Sayur dengan kualitas terbaik bisa kamu dapatkan di halaman rumahmu. Sayur organik adalah sayur yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Baik saat pemupukan maupun saat penyemprotan hama. 

Untuk seorang pemula, kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Siapkan wadah pot yang sesuai 

Kamu bisa menggunakan pot, polybag atau wadah lainnya. Ukuran wadah yang digunakan harus sesuai dengan ukuran tanaman agar terlihat serasi dan menarik. Gunakan ukuran wadah sesuai dengan jenis tanaman. Kamu bisa menggunakan pot berdiameter 30-50 cm untuk sayur cabai, terong dan juga tomat.

  • Pilih media tanaman yang cocok

Memilih media tanam adalah hal yang cukup penting sebab media tanamlah yang menjadi tempat untuk tanaman tumbuh. Biasanya untuk tanaman sayur menggunakan media tanam yang terbuat dari kombinasi tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos. Menggunakan perbandingan 1:1, 1:2 atau 1:3 tergantung pada tingkat kesuburan dan ringan beratnya tanah yang kamu gunakan.

  • Proses semai

Beberapa jenis tanaman yang butuh disemai terlebih dahulu, biasanya sayuran yang berbiji kecil. Penyemaian ini berfungsi memperkuat bibit tanaman, jenis tanaman lain yang perlu disemai seperti melon dan paprika. 

Mengapa perlu penyemaian sebab, jika langsung ditanam tanpa disemai biasanya akan menyebabkan modal membengkak. Media semai tersebut biasanya terbuat dari kombinasi tanah dan kompos dengan perbandingan 1:3 kamu bisa menambahkan pasir jika tanahnya terasa terlalu berat.

  • Pemeliharaan

Jika kamu baru pertama kali menanam sayuran di pot kamu tidak perlu khawatir. Sebab, untuk menanam sayuran di pot tergolong mudah, sebab kamu bisa dengan mudah mengontrol tanaman.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    anugerah trihatmojo

    Selasa, 18 Januari 2022 | 15:15 WIB

    bagus ni bikin 2022 sehat mania