Inilah Cara Mudah Agar Ikan Cupang Bisa ditinggal Seminggu

Apakah kamu berniat melakukan perjalanan selama beberapa hari? Namun kamu bingung dan tidak bisa meninggalkan ikan cupang peliharaan di rumah tanpa perawatan. 

Tak perlu khawatir, kamu bisa bepergian dengan nyaman tanpa khawatir ikan cupang mati. Sejatinya ikan cupang mampu mencari makanannya sendiri apalagi saat berada di alam liar.

Berikut cara mudah yang bisa kamu lakukan sebelum meninggalkan ikan cupang beberapa hari.

1. Ganti air 3 hari sebelum pergi

Mungkin 3 hari sebelum pergi adalah waktu yang lama. Namun kamu bisa melakukan hal tersebut, sebab air yang digunakan sebaiknya yang sudah diendapkan selama beberapa hari.

2. Gunakan wadah yang lebih besar

Selanjutnya kamu bisa memindahkan ikan cupang ke dalam wadah yang lebih besar. Hal itu agar air ikan cupang tidak cepat kotor saat ditinggal pergi berhari-hari.

3. Masukkan bahan pendukung

Kamu bisa memasukkan bahan-bahan yang mendukung kesehatan ikan cupang. Bahan yang dibutuhkan yaitu garam ikan, daun ketapang dan methylene blue atau obat biru. Hal ini dilakukan untuk menjaga ikan cupang tidak mudah tidak mudah terserang penyakit dan air tetap bersih.

4. Masukkan tanaman air

Tanaman air juga berguna untuk ikan cupang jika kamu ingin meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama. Sebab tanaman air bisa mengeluarkan lumut dan hewan kecil yang bisa dijadikan makanan ikan cupang. Tanaman yang bisa kamu berikan yaitu, eceng gondok, apu-apu ataupun tanaman air yang lainnya.

5. Berikan makan

Terakhir yaitu, berikan makanan lebih banyak dari biasanya. Namun tetap usahakan jangan terlalu banyak, karena jika terlalu banyak akan membuat wadahnya kotor dan ikan cupang bisa sakit hingga mati. Berikan takaran untuk 3 hari kedepan menggunakan cacing sutra sebagai makanannya.

Itulah cara mudah meninggalkan ikan cupang tanpa khawatir. Semoga perjalananmu menyenangkan ya sobat komunitas.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    BadakPutih

    Selasa, 18 Januari 2022 | 15:08 WIB

    bener bgt nih pake taneman