Mengenal Tanaman Kuping Gajah dan Cara Merawatnya

Kuping gajah atau anthurium crystallinum merupakan tanaman hias yang banyak ditemukan di kawasan hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini disebut kuping gajah sebab ia memiliki daun berbentuk hati yang cukup lebar. 

Lebar daunya bisa mencapai 15-38 cm. Daunya memiliki warna hijau dengan tulang daun  putih yang menambah kecantikan tanaman ini. Tanaman ini bisa ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan namun ia bisa tumbuh hingga 20-40 cm.

Mau coba pelihara? berikut cara merawat kuping gajah

1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah letak tanaman kuping gajah. jangan sampai ia terkena sinar matahari langsung. Karena jika ia terkena matahari langsung akan membuat tanaman ini layu dan berubah menjadi kuning.

2. Pemilihan pot

Sebetulnya kamu bisa gunakan pot apa aja, mau yang dari bahan plastik, kaca, ataupun tanah liat. Asalkan pot tersebut memiliki drainase yang baik sehingga tidak menyebabkan akarnya membusuk. Tapi akan jauh lebih baik jika kamu gunakan pot dengan bahan tanah liat. Sebab tanah liat bisa membantu kelembapan air di dalam tanah.

3. Siram dengan rutin

Siram dengan rutin setiap hari untuk menjaga kelembapan tanahnya. Jangan biarkan air menggenang, karena akan menyebabkan tanaman berjamur, tumbuh bakteri dan menghambat pertumbuhan.

4. Beri pupuk sekali dalam seminggu

Pemberian pupuk juga penting untuk membantu pertumbuhan tanaman ini. Berikan pupuk organik 1 minggu sekali untuk menghindari dari hama dan penyakit. Kamu juga bisa memberikan cairan pestisida kering sebanyak satu bulan sekali.

Itulah cara merawat tanaman kuping gajah yang bisa kamu tiru di rumah.

 

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    RecilSadBoy

    Rabu, 12 Januari 2022 | 15:49 WIB

    kirain cemilan kuping gajahh

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    AudiTersakiti

    Rabu, 12 Januari 2022 | 17:03 WIB

    bagus nih