Cara Ampuh Atasi Burung Cucak Ijo lagi Stres

Burung cucak ijo merupakan burung kicau sering dipelihara oleh pecinta burung. Namun sayangnya burung ini rentan alami stres, maka dari itu perlu perawatan dan perlakuan yang baik.

Hewan juga sama seperti manusia yang bisa alami stres. Banyak hal yang bisa menyebabkan burung stres, biasanya disebabkan oleh lingkungannya, misal ada perubahan signifikan yang terjadi. Atau peletakkan sangkarnya ada di tempat bising juga bisa membuatnya stres. 

Saat alami stres biasanya dapat dilihat dari aktivitas yang menurun. Mulai dari jarang berkicau, malas makan, juga terlihat lesu. Jika ciri-ciri tersebut ada pada burung cucak ijo di rumah, kemungkinan ia sedang alami stres.

Agar tidak terjadi stres pada burung, berikut cara ampuh untuk mengatasi burung cucak ijo stres.

1. Karantina
Lakukan karantina jika dirasa perlu, karantina ini memang langkah yang sederhana. Tapi bisa berdampak besar saat kamu lakukan karantina pada burung, karena kamu bisa benar-benar memperhatikan keseharian burung. Untuk durasi karantina tidak ada patokan khusus, jika dirasa sudah cukup bisa kamu kembalikan di tempat semula. 

2. Menjemur
Berat badan burung cucak ijo ini tidak boleh berlebih. Jangan sampai kamu terlalu banyak memberinya makan dan menyebabkan ia obesitas. Mungkin kamu merasa dengan memberikan banyak makanan ke burung akan berdampak baik, namun hal itu salah. Kelebihan berat badan akan membuat burung stres, jika hal itu sudah terjadi kamu bisa menjemur burung cucak ijo. Penjemuran dilakukan untuk membakar lemak pada burung. 

3. Berikan air dan gula
Cara ketiga kamu bisa memberikan air gula yang bertujuan membuat burung lebih tenang dan tidak bertindak agresif. Berikan air dengan gula sebanyak dua kali sehari dan tidak boleh berlebih.  Saat memberikan ramuan ini kamu harus sabar dan rutin hingga kondisi burung membaik. 

4. Berikan suara air 
Selanjutnya kamu bisa memberikan suara air mengalir melalui video atau efek suara. Tindakan ini cukup ampuh untuk menenangkan cucak ijo, dengarkan suara-suara air dan didekatkan pada kandangnya. Trik ini memang sederhana namun memiliki dampak yang cukup besar untuk burung cucak ijo. Jika perasaannya sudah tenang burung akan kembali seperti semula.

5. Berikan ulat bulu
Terakhir kamu bisa memberikan ulat bulu ke cucak ijo. Hal itu dilakukan untuk mengurangi cucak ijo dari rasa stres. Dengan memakan ulat bulu bisa mengatasi stres burung cucak ijo. Berikan selama 2 minggu dengan rutin hingga cucak ijo kembali pulih. 

Itulah cara-cara yang dilakukan untuk merawat cucak ijo yang sdang stres. Semoga membantu.

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    Glowingthedark

    Kamis, 2 Desember 2021 | 16:34 WIB

    oh dia gampang stres

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    HariSantana

    Jumat, 3 Desember 2021 | 09:28 WIB

    gampang stres ya dia