Bahayakah Hidrogen Peroksida untuk Hidropnik?

Hidrogen perosida merupakan senyawa kimia yang berupa cairan. Senyawa ini digunakan untuk sebagai oksidator, zat pemutih juga antiseoptik. Hidrogen peroksida ini merupakan senyawa oksigen aktif yang digunakan untuk propelan roket.  

Hidrogen ini banyak digunakan sebagai pembasmi lumut dan jamu pada tandon hidroponik. Namun masih banyak yang meragukan apakah hal itu diperbolehkan dan tida merusak tanaman hidroponik dan juga apakah aman jika tanaman tersebut dikonsumsi?

Hidrogen peroksida ini memiliki manfaat antimikroba dan juga telah mendapat rekomendasi FDA atau badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat. Pada pasaran ada beberapa konsentrasi H202 atau hidrogen peroksida yang dijal dengan konsentrasi 3%, 10%, 35% dan juga 50%. Biasanya untuk konsentrasi 3% bisa didapatkan di apotek sedangkan konsentrasi 10-50% bisa didapat di toko-toko kimia. 

Ternyata hidrogen peroksida ini tidak berhaya untuk tanaman hidroponik, justru sangat bermanfaat untuk tanaman hidroponik. Berikut ini merupakan manfaat H2O2 untuk tanaman hidroponik.

- Mencegah busuk akar

- Pengendalian hama tanaman

- Perawatan pada benih sebelum ditanam

- Disemprotkan ke batang dan daun untuk membasmi jamur

- Mengobati luka atau bagian yang rusak pada tanaman

KOMENTAR

Anda harus login untuk bisa memberi komentar, login disini

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    bustek

    Kamis, 25 November 2021 | 20:26 WIB

    oh buat lumut yg di tandon ya

  • Yakin ingin menghapus komentar ini?

    IcalFixie_2021

    Kamis, 25 November 2021 | 20:31 WIB

    keren bang