Mengenal Mangga Podang Khas Kediri yang Dipamerkan Gubernur Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menunjukkan mangga podang. (Foto: Instagram)

Editor: M Kautsar - Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:30 WIB

Sariagri - Belum lama ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memamerkan mangga podang khas Kediri yang diunggahnya di akun sosial media.

Mangga podang memiliki ciri khas yaitu kulitnya yang berwarna kuning dengan sedikit bintik merah di dekat pangkal dahannya. Aromanya juga khas ketika didekati. Buahnya pun dikenal memiliki rasa yang manis. 

Dalam unggahannya, Khofifah menyebutkan mangga podang sebagai buah tangan yang dapat diperoleh dari lereng Gunung Wilis.

"Jangan lupa sertakan buah dari lereng Gunung Wilis ini sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Kediri, Jawa Timur," tulis Khofifah dalam keterangan foto di akun Instagram @khofifah.ip.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kediri, penghasil mangga podang bisa ditemui di lima kecamatan yang melingkari Gunung Wilis yaitu kecamatan Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen.

Produksi mangga podang terbesar berada di Kecamatan Banyakan dan Tarokan. Jumlahnya berkisar 15 ribu pohon. Untuk hasil panennya rata-rata 20-40 kilogram per pohon.

Ketika musim panen datang, potensi total panen mangga podang bisa mencapai 600 ton. Untuk membawanya sebagai buah tangan, tidak melulu dalam bentuk buah.

Salah satu contohnya adalah Kelompok Wanita Tani 'Budidaya' yang berlokasi di Dusun Sumberbendo yang mendirikan industri rumah tangga olahan mangga podang bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agnecy (JICA), Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, dan Universitas Brawijaya.

Selain itu ada juga Kelompok Tani Sumber Mulyo yang berlokasi di Kali Gayam bekerjasama dengan LSM Internasional REI. Kedua industri rumah tangga itu pun menghasilkan produk manisan mangga podang. Produk tersebut disinyalir telah menembus pasar luar negeri.



Baca Juga: Mengenal Mangga Podang Khas Kediri yang Dipamerkan Gubernur Jawa Timur
Asyik! Kementan Bagi-bagi Buah Gratis di Pasar Tani Goes to Mall