Meski Dinilai Menjijikan, Petani Ini Justru Dulang Cuan dari Beternak Tikus

Ilustrasi tikus (Pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 20 Mei 2021 | 12:30 WIB

SariAgri - Tikus mungkin dianggap sebagai hewan menjijikan lantaran jorok dan bau. Bahkan, hewan ini juga kerap dinilai sebagai hama karena sering merusak tanaman milik petani. 

Namun siapa sangka, di balik sisi negatifnya, tikus justru bisa membawa berkah dan cuan bagi petani asal Timur Laut Thailand. Petani tersebut diketahui bernama Chalermphon Saothong.

Melansir dari Naewna, pria tersebut sengaja beternak tikus untuk dijadikan makanan yang dikonsumsi. Harga 1 kilogram (kg) tikus segar bisa mencapai 150 baht (Rp67 ribu) sedangkan 1 kilogram tikus mati mencapai 250 bath (Rp113 ribu).

Baca Juga: Meski Dinilai Menjijikan, Petani Ini Justru Dulang Cuan dari Beternak Tikus
Petani Thailand Budi daya Daging Tikus, Untungnya Sampai Rp34,7 Juta

Chalermphon mampu mendulang cuan fantastis dari usaha peternakan hewan tersebut. Bahkan permintaan tikus dalam sebulan bisa mencapai 300 kg dengan keuntungan mencapai Rp34 juta. 

Seorang pelanggan setia bernama Sawanapa Puemmee mengaku senang membeli tikus dari peternakan Chalermphon Saothong, karena dinilai lebih berkualitas namun harganya jauh lebih terjangkau. Dirinya berkelakar sangat suka menyantap tikus dan kerap dijadikan hidangan untuk keluarganya.