Selain Sehatkan Mata, Wortel juga Berkhasiat Perbaiki Melemahnya Massa Otot

Ilustrasi wortel. (Pixabay)

Editor: Dera - Senin, 17 Mei 2021 | 12:30 WIB

SariAgri - Wortel merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, beta karoten, serat, antioksidan dan mineral. Tak heran, jika sayuran berwarna oranye ini kerap diolah menjadi sup hingga minuman jus. 

Melalui sebuah penelitian, para ilmuwan Jepang membuktikan bahwa wortel ternyata juga bisa membantu memperbaiki massa otot yang melemah, baik karena penuaan maupun karena dampak dari Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Penyakit paru-paru ini disebabkan karena menghirup gas berbahaya dalam jangka waktu lama seperti asap rokok.

Melemahnya massa otot atau Sarcopenia ini menyulitkan individu untuk bergerak dan berolahraga, sehingga memperburuk keadaan paru-paru mereka dan akhirnya berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Para peneliti mencoba menggunakan Ninjin'yoeito, yakni obat herbal Jepang berbahan dasar wortel sebagai bahan penelitian. Ninjin'yoeito biasanya diberikan kepada orang yang baru sembuh dari anoreksia dan untuk memulihkan kekuatan fisik setelah sakit atau operasi.

Mereka melakukan percobaan pada pada tikus yang menua dan melihat bukti bahwa kandungan wortel pada Ninjin'yoeito mampu meningkatkan kehilangan massa otot melalui aktivasi protein PGC-1a.

"Berdasarkan (percobaan) ini, kami menduga bahwa Ninjin'yoeito meningkatkan ekspresi PGC-1a di otot rangka dan dapat meningkatkan komplikasi otot yang terkait dengan COPD", jelas Associate Professor Kazuhisa Asai dari Sekolah Pascasarjana Kedokteran Universitas Kota Osaka, seperti dikutip sciencedaily.com.

Dalam menguji hipotesis ini Profesor Asai memasukkan Ninjin'yoeito ke dalam makanan tikus yang telah terpapar asap rokok selama 12 minggu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan obat kaya wortel membatalkan efek kelemahan sarcopenia.

Baca Juga: Selain Sehatkan Mata, Wortel juga Berkhasiat Perbaiki Melemahnya Massa Otot
Catat! Manfaat Luar Biasa Jika Mengonsumsi Kacang Polong

Temuan mereka ini telah dipublikasikan secara online di International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease pada 27 November 2020.

"Kami percaya bahwa ini adalah temuan yang berguna dan Ninjin'yoeito dapat memutus lingkaran setan kelemahan sarcopenia pada pasien COPD. Kami ingin mempertimbangkan uji klinis di masa depan," pungkas Associate Professor Asai.