Segarnya Es Goyobod Khas Alun-alun Garut, Pas Jadi Menu Berbuka Puasa

Es goyobod khas Garut yang pas untuk berbuka puasa (Sariagri/Jayadi)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Kamis, 15 April 2021 | 15:10 WIB

SariAgri - Jika Sobat Agri pernah jalan-jalan ke Garut, Jawa Barat, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi minuman legendaris yang satu ini. Teksturnya yang kenyal, serta rasanya yang segar manis, dan gurih di mulut, membuat siapapun yang pernah menikmati sensasinya bakal ketagihan untuk mencoba es Goyobod Alun-alun Garut.

Salah satu penjual es goyobod Garut Hana Suhana mengatakan, citarasa es goyobod Alun-alun Garut memang tidak berubah sejak dulu sebagai kuliner warisan orang tuanya.

“Mau sepi mau ramai, pesan kakek saya dulu kualitas rasa harus tetap dijaga, jangan sekali-kali diubah,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Menggunakan gerobak roda khas es goyobod, Kang ‘Hans Goyobod’ biasanya dipanggil pelanggannya, memang tahu betul cara mempertahankan kuliner kebanggaan masyarakat Garut tersebut.

“Yang ikut-ikutan banyak ada dimana-mana, tetapi yang khas hanya di Alun-alun Garut ini,” kata dia bangga.

Hana Suhana atau Hans Goyobod, berjualan es goyobod turun temurun (Sariagri/Jayadi)
Hana Suhana atau Hans Goyobod, berjualan es goyobod turun temurun (Sariagri/Jayadi)

Hans menjelaskan bahwa resep utama es goyobod Alun-alun Garut memang terletak pada pemilihan bahan tepung aren yang digunakan, kemudian santan segar, kelapa, hingga penggunaan buah alpukat untuk memperkaya citarasa.

“Tidak ada yang aneh, dari dulu resep adonan masih sama, berani diubah biasanya pecah,” kata dia.

Sepintas jika dilihat, satu porsi yang disajikan dalam gelas minuman ukuran sedang, komposisi es goyobod Alun-alun terdiri dari campuran potongan sejenis jeli kenyal layaknya cendol atau puding, berbahan dasar tepung aren.

Kemudian, adonan itu dipadukan dengan potongan alpukat, serutan kecil kelapa, potongan kecil roti tawar dan serutan es yang dilumuri kucuran susu kental manis diatasnya sebagai topping. Dengan campuran tepat, es goyobod sangat cocok menjadi menu andalan untuk buka puasa.

Sepintas, saat dinikmati lidah Anda, terasa tekstur es goyobod yang kenyal namun tetap lembut saat digigit, hingga membuat siapapun merasa nyaman menikmati sajian es goyobod.

Baca Juga: Segarnya Es Goyobod Khas Alun-alun Garut, Pas Jadi Menu Berbuka Puasa
Resep Samosa Isi Daging, Makanan Khas Ramadan ala Timur Tengah

Bagi kamu yang tengah berlibur atau sengaja melintasi jalur nasional bagian selatan Jawa yang melintasi Garut, tak ada salahnya masuk dulu ke wilayah perkotaan Garut sambil menunggu buka puasa tiba.

Khususnya wilayah seputaran Alun-alun Garut mulai mesjid Agung, Lapas hingga sepanjang jalan Ahmad Yani, dengan mudah dijumpai para pedagang es goyobod yang siap memanjakan lidah dan perut kosong kamu setelah puasa. Selamat mencoba.

Video Terkait