Gembolo, Kentang Udara yang Bisa Jadi Sumber Karbohidrat

Ilustrasi tanaman gembolo. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 22 Maret 2021 | 10:00 WIB

SariAgri - Gembolo adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang sudah jarang ditemui di pasaran. Tanaman ini dikenal juga dengan nama kentang udara, ubi udara, yam udara atau ubi yam. Umbinya hampir mirip dengan ubi gembili namun dengan ukuran lebih besar.

Bedanya lagi, umbi gembolo tidak hanya tumbuh dalam tanah tetapi juga tumbuh di ketiak daun yang disebut umbi udara atau katibung.

Menguttip Healthbenefits.com, tanaman merambat dengan nama ilmiah Dioscorea bulbifera ini berasal dari Afrika, Asia Selatan, Maladewa dan Australia Utara. Di beberapa negara umbi gembolo menjadi sumber karbohidrat utama seperti di Afrika Barat.

Gembolo menyukai lahan yang lembab tapi tidak tergenang air seperti tanah lempung berpasir. Tumbuh merambat dengan cepat pada semak atau pohon inang searah jarum jam dengan ketinggian mencapai 10 meter.

Selain menghasilkan umbi dalam tanah, gembolo juga mempunyai umbi udara di setiap ketiak daunnya. Satu tanaman gembolo dapat menghasilkan rata-rata 200 umbi dalam satu musim tanam. Bentuk umbinya bulat mirip kentang tapi kadang-kadang tidak beraturan dengan warna coklat.

Permukaanya kasar berbintil-bintil, keras dan dalamnya berlendir jika dibelah. Rasanya sedikit pahit dan dapat dihilangkan dengan cara merebusnya.

Umbi gembolo dapat berproduksi sepanjang tahun, tetapi umbi paling banyak dihasilkan pada akhir musim tanam. Umbi udara gembolo merupakan benih yang utama untuk memperbanyak tanaman gembolo.

Baca Juga: Gembolo, Kentang Udara yang Bisa Jadi Sumber Karbohidrat
Cerita Petani Yang Rindu Bawang Haranggaol Saat Panen Melimpah

Beberapa varietas umbi gembolo dapat dimakan mentah, namun kebanyakan harus melalui perendaman atau perebusan guna menghilangkan rasa pahit.

Umbi gembolo telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati konjungtivitis, diare ,disentri, dan penyakit lainnya. Suku Tiwi di Australia bahkan menggunakannya dalam upacara penting yang disebut kulma. Dalam ritualnya, mereka memasak umbi gembolo dan akan memakannya pada hari ketiga.

Video Terkait