Sempat Ketakutan, Wanita Ini Rekam Burung 'Neraka' yang Sangat Menyeramkan

Burung Pooto. (Mirror.co..uk)

Editor: Dera - Selasa, 16 Maret 2021 | 11:00 WIB

SariAgri - Seorang wanita di Kolombia baru-baru ini berhasil merekam penampakan seekor burung langka berbentuk aneh dan menyeramkan. 

Kejadian itu bermula ketika seorang wanita bernama Mali melihat sesuatu yang tak lazim, bertengger di pagar sebuah peternakan di Chibolo, Kolombia. Mali awalnya mengira apa yang dilihatnya adalah potongan kayu. Namun ia terkejut saat menyadari hewan yang bertengger adalah seekor burung.

Dalam rekaman video, burung tersebut terlihat sangat menyeramkan dengan mata dan mulut yang sangat besar. Awalnya, burung tampak duduk tenang di atas pagar dan tak bergerak sama sekali.

Namun ketika Mali mendekatinya, burung yang mempunyai bulu lebat itu terlihat menunjukan kewaspadaan, sambil memperlihatkan bulu punggungnya yang berdiri tegak.

"Pertama kali saya melihatnya, saya pikir itu tongkat tetapi dia bergerak dan saya mendekatinya," kata Mali, seperti dilansir Mirror.co.uk.

"Burung itu membuka mata serta mulutnya dan sangat membuatku takut, tetapi karena aneh, aku memutuskan untuk mengambil gambar dan merekam video. Ketika aku mendekat, aku mengangkat tanganku dan dia membuka mulutnya sebagai jawaban," tambahnya.

Awalnya, Mali mengira hewan yang dilihatnya adalah burung hantu, namun belakangan diketahui jika hewan endemik itu adalah burung Potoo.

Spesies nokturnal yang memangsa serangga besar dan vertebrata kecil ini bisa menyaru seperti batang kayu saat menemui ancaman dari musuh. 

Baca Juga: Sempat Ketakutan, Wanita Ini Rekam Burung 'Neraka' yang Sangat Menyeramkan
Petugas Karantina Surabaya Gagalkan Penyelundupan 220 Burung

Ciri khasnya yang paling terkenal adalah jeritan geraman yang dibuatnya sepanjang malam. Bahkan, karena kerap megeluarkan suara menyeramkan saat bulan purnama, burung Potoo juga djuluki sebagai burung 'neraka'. 

Burung Potoo dapat ditemui di hutan-hutan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Dahulu, burung ini biasanya dipakai untuk kepentingan ritual lokal atau perayaan Halloween.