Apel Dengan 100 Juta Bakteri di Dalamnya, Bahayakah?

Buah Apel (Unsplash)

Penulis: Idho, Editor: M Kautsar - Rabu, 15 Juli 2020 | 19:30 WIB

SariAgri - Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata apel menyimpan sebuah rahasia. Seperti dilansir dari Indian Express, siapa sangka, buah yang banyak digemari oleh orang-orang ini ternyata juga membawa sekitar 100 juta bakteri.

Nah yang menjadi pertanyaan, apakah mikroba tersebut baik atau buruk bagi kesehatan? Mari kita bahas.

Menurut sebuah penelitian hal tersebut tergantung dari bagaimana buah tersebut ditanam. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Microbiology, menunjukkan, bahwa apel mengandung komunitas bakteri yang beragam dan seimbang.

Tim peneliti kemudian menganalisis mikroba yang terdapat dalam buah apel. Dengan membandingan sampel bakteri yang terdapat dalam buah apel yang di beli di toko (apel biasa) dengan yang di beli dari hasil perkebunan organik.

Secara keseluruhan, baik apel organik maupun yang dijual di toko sama-sama mengandung bakteri. Rata-rata dalam setiap bagian apel, atau sekitar 240 gram apel mengandung 100 juta bakteri.

Baca Juga: Apel Dengan 100 Juta Bakteri di Dalamnya, Bahayakah?
Buah Persilangan Ini Berkulit Lemon, Berdaging Tomat dan Beraroma Mawar

Mayoritas bakteri terdapat dalam biji dan sisanya terdapat pada bagian daging buahnya. Menurut penelitian apel organik juga memiliki komunitas bakteri yang lebih beragam dan merata dibandingkan dengan apel yang biasa.

Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian tersebut mengungkapkan, bakteri yang terdapat dalam buah apel ternyata masih aman untuk dikonsumsi. Bahkan beberapa bakteri dianggap menguntungkan bagi tubuh manusia.