Mahasiswa Belanda Ciptakan Ransel Tanaman Untuk Tangkal Polusi

Ransel Tanaman Untuk Tangkal Polusi (designindaba.com)

Editor: Idho - Kamis, 4 Juni 2020 | 15:30 WIB

SariAgri - Sudah bukan rahasia jika penggunaan tanaman dapat membuat udara menjadi sehat, bersih dan segar. Jenis-jenis tanaman penangkal polutan umumnya memiliki beberapa komponen, seperti akar, daun, dan bakteri yang berguna untuk membersihkan udara beracun.

Mengadaptasi dari hal itu, lima pelajar Belanda mencoba berinovasi dengan meniptakan The Plant Bag, atau ransel tanaman sebagai pengganti masker untuk menangkal polusi udara.

Ransel yang tengah dikembangkan ini dapat memberikan udara segar langsung kepada pemakainya.

"ransel tanaman dilengkapi dengan filter yang mengambil udara di luar dan menyaringnya melalui akar tanaman yang disimpan di dalam tas ransel sebelum memungkinkan pemakai untuk menghirupnya," ujar Marnix de Kroon, pemimpin tim.

Melansir phys.org, ide pembuatan ransel tanaman ini sendiri telah berhasil memenangkan kompetisi desain di Belanda, dan kini kelima siswa TU Delft University itu telah melangkah ke tahap berikutnya untuk membuat prototipe.

Baca Juga: Mahasiswa Belanda Ciptakan Ransel Tanaman Untuk Tangkal Polusi
Harus Tahu! Ini Makna Angka Pada Lebel Stiker yang Ditempel Pada Buah

"Kami sedang menguji pabrik mana yang akan bekerja paling baik untuk bisa menciptakan tas kami," kata De Kroon.

Namun, seorang pakar dari lembaga cuaca Belanda mengatakan bahwa desain tas seperti itu tidak akan begitu berguna.

Ransel Tanaman Untuk Tangkal Polusi

Credit: phys.org

"Filter itu sendiri akan ikut mengangkat 99,9 persen partikel halus lainnya," kata harian Belanda Trouw mengutip pakar.

Namun De Kroon bersikeras bahwa tanaman akan menangkap partikel mikroskopis terkecil yang dapat menembus jauh ke dalam paru-paru. Partikel yang terangkat merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan.

"Produk ini mungkin tidak lepas landas dengan sangat cepat di Eropa, tetapi kota-kota seperti Beijing dan Teheran, kota-kota dengan masalah polusi serius, akan menjadi pasar utama kami," katanya.