A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key "s"

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 437

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 437
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Begini Strategi Mendukung Para Pelaku UMKM Pertanian di DKI Jakarta

Begini Strategi Mendukung Para Pelaku UMKM Pertanian di DKI Jakarta

Sariagri - Dalam rangka mendukung pelaku UMKM di DKI Jakarta khususnya di bidang pertanian, Dinas KPKP DKI Jakarta diundang dalam audiensi oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) pada Senin, 24 Januari 2022 secara virtual melalui zoom meeting. Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) merupakan salah satu CSR dari PT Astra International yang berfokus dalam pembinaan UMKM. 

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) memaparkan kegiatan pembinaan dan pendampingan UMKM yang telah dilakukan. Acara dibawakan langsung oleh Edison Monoarfa selaku Head dari Department Planning & Development YDBA dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pertanian  Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Mujiati. Turut hadir dalam audiensi unsur dari bidang pertanian dan Staff Planning & Development YDBA.

Mujiati selaku Kepala Bidang Pertanian menyampaikan bahwa pengembangan urban farming di DKI Jakarta tidak berbasis lahan, melainkan ruang, sehingga pada tahun 2021, Dinas KPKP mendorong masyarakat untuk melakukan budidaya pertanian di rooftop. 

“Kami juga telah menyelenggarakan kegiatan akademi urban farming dan berupaya untuk membantu penggiat urban farming di DKI Jakarta dalam melakukan pemasaran hasil pertanian dengan membentuk suatu komunitas bernama ‘ikatan komunitas hidroponik atau biasa disebut  IKONIK. Komunitas ini terbuka untuk seluruh penggiat urban farming hidroponik di DKI Jakarta. Selain itu, kami memberikan bantuan berupa rumah produksi untuk pelaku UMKM yang melakukan kegiatan budidaya dan pengolahan hasil pertanian, sehingga kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)” ungkapnya.

YDBA telah berpengalaman selama 24 tahun dalam memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Pembinaan yang telah dilakukan YDBA terhadap pelaku UMKM dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun agar menjadi mandiri.

“Kami siap menjadi kolaborator dalam melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM di bidang pertanian” tutur Edison Monoarfa dalam pemaparannya.

Diharapkan kedepannya dapat terjalin kolaborasi yang baik antara Dinas KPKP dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), sehingga dapat menciptakan DKI Jakarta yang berdaulat pangan. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat binaan Dinas KPKP, khususnya pelaku UMKM bidang pertanian di DKI Jakarta. 

Video terkait: